Sabtu, 22 Januari 2011

MASALAH YANG DIHADAPI LANSIA

Para Lansia selalu dihadapkan pada masalah yang relatif sama di seluruh dunia, yaitu fungsi organ tubuh yang semakib berkurang, kesehatan yang menurun dan berbagai persoalan psikologis lainnya. Beberapa penyakit yang umum diderita oleh kaum Lansia adalah : hipertensi, lever, asam urat, jantung koroner, kanker dan tumor serta penyakit berat lainnya.

Bagi para Lansia yang gemar merokok, atau mantan perokok di masa mudanya, juga memiliki potensi untuk mengidap penyakit paru-paru, sedangkan para Lansia wanita pun senantiasa dihantui oleh penyakit kanker payudara. Keduanya mengandung resiko berat dan ancaman kematian. Semua masalah kesehatan itu sebenarnya merupakan suatu hal yang dapat dikatakan alamiah, yang muncul akibat kebiasaan dan gaya hidup di masa muda dan malas berolahraga.

Walaupun diakui, persoalan Lansia lebih pada faktor psikologis, tidak dapat diingkari pula, mengabaikan kesehatan jasmani di masa tua pun akan menjadikan beban psikologis semakin terakumulasi. Seorang Lansia berusia 84 tahun yang fungsi organ tubuhnya terus menurun akibat proses degeneratif, ternyata juga harus berhadapan dengan persoalan psikologis. Tubuhnya selalu merasa tidak nyaman, mudah merasa pusing, kepala pening akibat katarak yang makin menebal.

Para Lansia, atau keluarga yang memiliki Lansia, kiranya perlu memerhatikan berbagai hal penting yang dapat dilihat disini. Artinya, selalu ada kemungkinan untuk dapat menikmati masa Lansia dengan nyaman, sehat dan lepas dari masalah yang umum terjadi.

Mari kita jadikan masa Lansia kita sebagai masa yang menyenangkan dan indah sehingga dapat menggembirakan anak cucu serta memberikan manfaat pada lingkungan.

Semoga.*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar