Jumat, 12 Maret 2010

Belajar memang harus sabar.

Pada usia yang sudah senja, mempelajari sesuatu memang bukan pekerjaan yang mudah. Ada banyak alasan untuk itu, yaitu :
  1. daya pikir dan daya ingat sudah jauh menurun dibandingkan ketika masih berada pada usia produktif. Sebagai akibatnya, sering banyak terjadi kesalahan. Lihat saya blog cobacoba yang saya buat ini. Wah ... masih sangat memalukan.
  2. reflek pun sudah jauh berkurang. Jika melakukan sebuah kesalahan dengan tindakan motorik yang diambil, maka yang terjadi kemudian adalah munculnya kepanikan. Waduh ... harus bagaimana ini ? Kadang-kadang sampai keringetan.
  3. harus rela ditertawakan. Terutama jika menanyakan sesuatu kepada anak-anak muda atau orang yang lebih muda. Kadang-kadang ada ungkapan : "untuk apa Mbah, repot-repot belajar ngeblog ?".
Ya, paling tidak, itulah yang saya rasakan. Maklum, usia saya sudah 60 tahun. Tidak saja sudah senja, tetapi sudah sangat senja. Tetapi saya tidak ingin menjadi manula yang gaptek, makanya saya membuat blog ini, sekalipun mungkin hasilnya menjadi bahan tertawaan. Saya pikir, lebih baik ditertawakan  karena ingin belajar daripada ditertawakan karena tidak tahu apa-apa, itu prinsip saya.

Maka, blog ini saya beri nama PORTAL PENSIUNAN, dan Anda dapat membuka blog ini melalui alamat http://portalpensiunan.blogspot.com. 

Silakan, tidak usah sungkan jika ada kritik untuk saya. Sungguh saya merasa mendapat kehormatan jika diberi kritik, karena hasil ngeblog ini benar-benar hasil belajar sendiri melalui langkah try and error, otodidak, tidak ada yang ngajarin.

Silakan dinikmati.
Fatchurrachman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar